Selasa, 03 Desember 2013

Met Jalan Genangan

Selamat Jalan Genangan

A.Latar  belakang Usulan Kegiatan
     Desa Bulang berada di wilayah kerja kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo, berjarak lebih kurang 11 km dari Ibukota kabupaten yang kini telah pindah ke kota Kraksaan..sebagaimana pada umumnya di kabupaten Probolinggo setiap tahunnya selalu setia di temani dua musim yang silih berganti, yaitu musim kemarau dan musim hujan.biasanya pada bulan Desember hampir pasti di Desaku ini selalu di guyur hujan deras, mungkin benar kata Orang bahwa Desember di plesetkan anonim DERAS DERASNYA SUMBER. nah.. di kawasan ini tepatnya di Dusun Langai yang notabene sebagai muara aliran air dari ujung desa paling selatan tumpah ruah ke tempat ini. sehingga tidak heran kalau setiap tahunnya selalu di genangi banjir yang setia menyapanya. Hal ini di sebabkan oleh tidak memadainya penampungan aliran air yang kata teman-temanku di katakan Drainase. kadang di kawasan ini jika hujan terus menerus sepanjang hari maka perlu waktu dua hari untuk dapat lewat tanpa jinjing sepatu. dari latar belakang itulah akhirnya pembangunan Drainase di wilayah Langai ini perlu di prioritaskan.
           
           
             
B.Struktur Team TP3
            Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Bulang pada Forum Musyawarah Desa Sosialisasi telah memilih Team Pemelihara Dan Perawatan Prasarana(TP3) Yang terdiri dari :
            K e t u a          : Abdul Kholiq
            Anggota          : 1.David SS
                                      2.Sanawiyah
C.Pemeliharaan
            Setelah team TP3 menerima serah terima Sarana dan Prasarana Paud, kemudian di lakukan musyawarah memiliki sumber dana yang nantinya akan di gunakan untuk biaya pemeliharaan dan pelestarian Drainase  ke depan. Akhirnya dengan persetujuan kepala Desa Bulang yang di amini oleh warga Desa yang memiliki akses langsung di mohon partisipasinya untuk merawat dan melestarikan sarpras ini sebagai sumber dana yang di upayakan berasal dari:

1.      Swadaya sebesar Rp 25.000,00,-/tahun(Idealnya)
2.      Alokasi Dana dari pemerintah Desa Rp 1.500.000,00/tahun.(Idealnya)

D.Pengembangan.
            Dari kas keuangan yang terkumpul, sebagian akan di sisihkan untuk pembelian bahan bahan pemeliharaan di antaranya: pasir,batu kali, semen.
E.Penutup.
            Kini genangan air tidak lagi terjadi. seakan seiring dengan selesainya pembangunan drainase, selesai pula polemik genangan Langai yang setiap tahun selalu menghantui. tidak di temui lagi para pelajar menjinjing sepatunya karena takut basah oleh genangan Langai. Selamat jalan Genangan Langai.....!!!!!! semoga engkau bahagia di samudra sana. jangan datang lagi...!!! karena tetanggaku ketakutan balitanya di bawa hanyut oleh kehadiranmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar